Kamis, 09 April 2009

GINJAL

Ginjal adalah sebuah organ kecil tetapi penting yang terletak di dalam tubuh, tidak nampak secara fisik, dan seperti ba-gian lainnya, mempunyai fungsi yang kompleks dan bekerja secara otomatis. Karena itu apabila tidak ada masalah, biasanya kurang mendapat per-hatian. Namun biarpun kecil, ginjal adalah suatu bagian tubuh yang sangat penting karena mempunyai fungsi dan tugas yang sangat mulia, yaitu menghilangkan air, sisa-sisa air kotor, atau sampah dan racun hasil metabolisme yang berlebihan di dalam tubuh, membantu mengatur tekanan darah, mengatur keseimbangan kimia dalam tubuh, meme-lihara tulang agar tetap kuat, memberi perintah kepada tubuh untuk membuat sel darah merah dan menolong anak-anak tumbuh dengan normal.



Karena fungsinya yang demikian kompleks dan penting, salah satu saja fungsi-nya tidak dapat dilakukan, ginjal bisa dianggap gagal dan mempunyai akibat yang menyengsarakan dan ber-larut-larut. Gagal ginjal bisa terjadi sewaktu-waktu. Tetapi umumnya, gagal ginjal terjadi secara bertahap dan bisa di-perlambat atau dihentikan sama sekali. Syaratnya sederhana, seperti penyakit lainnya, kalau dilaku-kan pemeriksaan secara dini, teknologi masa kini sudah bisa membantu memperlambat proses gagal ginjal atau menghentikannya sama sekali.

Karena gagal ginjal umumnya terjadi secara bertahap selama bertahun-tahun, apabila tanda-tanda itu dapat diketahui secara dini, penderita bisa mendapat bantuan untuk mengubah atau menyesuaikan gaya hidup agar bisa lebih mem-perlambat kegagalan tersebut, atau bahkan meng-hentikan kegagalan ginjal tersebut, tergantung dari sebab musababnya.

Gagal Ginjal terbagi 2 macam yaitu Gagal Ginjal Akut (acute renal failure), timbulnya secara men-dadak, bila dikelola baik akan sembuh sempurna.

Kegagalan semacam ini umumnya disebabkan adanya toxin, alergi obat, keracunan atau kehilang-an darah, kehilangan cairan atau trauma. Kega-galan mendadak biasanya dapat disembuhkan dengan obat, dialisa atau cuci darah.



Tidak ada komentar: