Sabtu, 05 Februari 2011

Ayo cegah diabetes!!

Mencegah penyakit diabetes bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Penderita penyakit diabetes tidak boleh mengkonsumsi makanan yang mengandung gula secara berlebihan.

Selain itu, agar dapat sembuh para penderita diabetes harus menjaga pola makanannya dengan gizi yang seimbang. Namun, sebelum Anda terkena penyakit yang satu ini, berikut ada beberapa tips untuk mencegah penyakit diabetes.
Mengontrol pola makan
Mengendalikan berat badan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan gizi seimbang
Berolah raga secara teratur
Mengontrol kadar lemak dalam darah
Menjaga kestabilan tekanan darah
Kontrol kadar glukosa darah ke dokter setiap tahun

Penemuan Terbaru

Bagi Anda penderita diabetes, ada berita yang cukup menggembirakan. Baru-baru ini para peneliti melakukan analisis terhadap penyakit ini melalui percobaan. Percobaan tersebut adalah dengan memberikan minuman kopi dan teh kepada penderita diabetes terutama penyakit diabetes yang disebabkan oleh faktor obesitas (kegemukan).

Para penderita diabetes ini dibagi menjadi dua kelompok, sebagian diberi minum kopi dan sebagian lagi diberi minum teh setiap hari. Dari hasil pegamatan ditemukan bahwa penderita diabetes yang minum tiga sampai empat cangkir kopi setiap hari mampu menurunkan risiko penyakit diabetes hingga 36%. Sedangkan penderita diabetes yang minum tiga sampai empat cangkir teh setiap hari dapat menurunkan risiko penyakit diabetes hingga 18%.

Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa setiap cangkir minuman kopi yang dikonsumsi dapat menurunkan risiko penyakit diabetes sampai 7 %.

Rahasia di Balik Kopi dan Teh

Setelah dilakukan analisis terhadap minuman kopi dan teh yang mampu menurunkan risiko penyakit diabetes, para ahli menemukan bahwa kandungan kafein yang terdapat dalam teh dan kopi dapat membantu mengurangi risiko diabetes.

Namun, tak hanya kafein yang berfungsi menurunkan risiko diabetes. Ditemukan juga ada kandungan lain yang membantu penyembuhan penyakit ini. kandungan tersebut antara lain adalah sebagai berikut.
Magnesium
Lignan
Asam klorogenik

Kandungan tersebut merupakan antioksidan yang berfungsi menghambat pelepasan zat gula ke dalam darah apabila selesai makan.

Namun sayang, analisis ini belum diuji secara klinis apakah dapat mencegah penyakit diabetes. Walau begitu perlu diperhatikan bahwa sebaiknya kopi dan teh yang dikonsumsi adalah yang mengandung sedikit gula.

Tidak ada komentar: