Jumat, 03 Oktober 2008

Kehidupan dunia

Kita sering kali merasa kalau kita bakal lama hidup di dunia dengan berbagai macam kesenangan. Sementara kita lupa bahwa semua itu hanya bersifat sementara yang pada akhirnya akan kita tinggalkan. Wahai saudaraku, marilah kita perhatikan ayat dibawah ini yang mungkin dapat membuka wawasan kita akan dunia ini.

“ Ketahuilah, bahwa sesungguhnya kehidupan dunia itu hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan, perhiasan dan bermegah-megahan antara kamu serta berbangga-banggaan tentang banyaknya harta dan anak, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani; kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan-Nya. Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu “(Al Hadid: 20) 

Sekarang mari kita coba telaah kata-kata ”Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu” . apakiranya yang dimaksudkan oleh ayat itu. Aku yakin bahwa kita adalah orang-orang yang mampu menangkap kebenaran. Terlebih kalau kebenaran itu datang dari sang maha pencipta yang hama benar yang mana tiada sedikit keraguan akan kebenarannya.
Allah SWT yang maha baik telah memperingatkan kita bahwa kehidupan dunia itu hanya “suatu kesenangan yang minipu”. Jadi mulai dari sekarang marilah kita intropeksi diri kita masing-masing apakah kita masih mengagungkan dunia ( harta, tahta dan wanita) tanpa mau mengembalikan sesuatu pada tempatnya yaitu sesuai dengan aturan Allah? Jawabnya ada pada diri saudara masing-masing. 

Mulai dari sekarang, marilah kita bersama kembali kepada fitrah kita bahwa kita hanya mahluk yang diciptakan oleh Allah SWT dengan tujuan menyembahnya sesuai dengan bunyi ayat dibawah ini :

“ Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku

(Ad-Dzaariyaat: 56) 

Dan marilah kita mengikuti aturan-aturan yang sudah dibuat-Nya. Berat memang, tapi marilah kita mulai sedikit demi sedikit. Insya Allah, pertolongan Allah akan membuat langkah kita semakin ringan dan kedepan membuat kita menjadi muslim yang tangguh. Amin Allahuma amin.




Tidak ada komentar: