Senin, 22 Juni 2009

Istilah Kedokteran 1

Abatisasi. 
Pemberian serbuk abate pada tempat-tempat yang digenangi air, termasuk bak mandi, jambangan bunga, selokan dsb. Biasanya dilakukan dalam rangka membasmi nyamuk Aedes aegypti dan mencegah wabah. Tindakan ini tidak membunuh nyamuk tetapi membunuh jentik-jentiknya untuk memutuskan mata rantai perkembang-biakannya. Usaha ini hanya dapat mencapai tujuan bila dilakukan secara serempak oleh warga dari suatu wilayah atau beberapa wilayah yang luas.

Acute Renal Failure (ARF), 
penyakit gagal ginjal akut, dimana ginjal tidak dapat lagi menjalankan fungsinya sebagai organ pembuangan, ginjal secara relatif mendadak tidak dapat lagi memproduksi cairan urine yang merupakan cairan yang mengandung zat-zat yang sudah tidak diperlukan oleh tubuh dan harus dikeluarkan dari tubuh.

Aedes aegypti. 
Nyamuk yang menjadi perantara penularan penyakit Demam Berdarah Dengue.Nyamuk ini biasa ditemukan di dalam atau di halaman sekitar rumah.Berbeda dengan nyamuk lain yang biasa berkeliaran pada malam hari, Aedes berbadan sedikit lebih kecil, tubuhnya sampai ke kaki berwarna hitam bergaris-garis putih dan nyamuk ini aktif di siang hari. Nyamuk ini biasa bertelur pada genangan air yang tenang dan bersih, seperti jambangan bunga, tempayan dsb.

Anaerob, 
bersifat tidak membutuhkan oksigen atau keadaan tidak ada oksigen. Contoh : Dalam suasana anaerob bakteri tetanus akan hidup dan berkembang biak, artinya dalam keadaan tidak ada oksigen bakteri itu hidup dan berkembang biak. Bakteri yang demikian disebut bakteri anaerob.

Aerob, 
bersifat membutuhkan oksigen atau keadaan mengandung oksigen. Contoh : bakteri aerob = bakteri yang membutuhkan adanya oksigen untuk kehidupannya, bila tak ada oksigen bakteri tsb. akan mati.

Analgetika. 
Golongan obat yang berkhasiat mengurangi rasa sakit, seperti aspirin, parasetamol dsb.

Anamnesis / anamnese / anamnesa 
Wawancara oleh dokter kepada pasiennya untuk menggali / mengetahui riwayat penyakit dan apa yang dirasakan pasiennya tanpa (sebelum) melakukan pemeriksaan fisik pasien tsb. Keluhan dan riwayat penyakit berdasarkan apa yang disampaikan oleh pasien kepada dokter yang memeriksanya.

Anatomi 
Struktur atau susunan bagian-bagian/organ-organ tubuh (manusia.hewan maupun tumbuh-tumbuhan). Ilmu yang mempelajari struktur atau susunan bagian-bagian/organ-organ tubuh (manusia.hewan maupun tumbuh-tumbuhan). 

Antipiretika. 
Golongan obat yang berkhasiat menurunkan panas, seperti parasetamol, antalgin dsb.

Apamin, 
Salah satu komponen dari bisa(racun) lebah(tawon) yang bersifat racun terhadap sistem syaraf, terhadap sel-sel darah dan mempunyai pengaruh dalam pengeluaran cortisol (suatu hormon). 

Artesunate, 
Salah satu obat antimalaria. Artesunate efektif terhadap kasus-kasus malaria yang berat, termasuk untuk cerebral malaria, biasanya hanya digunakan bila obat-obat antimaliria lainnya tidak efektif. Tersedia dalam bentuk tablet dan larutan injeksi, juga tersedia dalam kombinasi dengan antimalaria lainnya. Karena adanya kemungkinan adverse reaction terhadap obat ini termasuk efek buruknya terhadap jantung, maka penggunaannya harus dengan pengawasan dokter.


Tidak ada komentar: