Rabu, 24 Desember 2008

GAYA HIDUP TIDAK SEHAT

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi hidup manusia tampak lebih mudah dengan digunakannya berbagai macam alat-alat baru. Seseorang tidak perlu lagi mengeluarkan tenaga untuk pergi ke suatu tempat karena sudah tersedia berbagai macam kendaraan bermotor. Seseorang tidak perlu lagi bingung menghubungi keluarganya yang letaknya jauh terpisahkan oleh lautan luas. Hanya dengan sebuah telepon yang dapat digenggam kemana-mana, saat itu juga orang tersebut bisa langsung terhubung dengan keluarganya.

Beberapa peristiwa di atas hanyalah sebagai contoh manfaat teknologi yang memudahkan kehidupan manusia. Akan tetapi, akankah keuntungan-keuntungan tersebut selamanya tidak mengakibatkan sesuatu yang buruk meskipun tidak langsung dirasakan. Berhubungan dengan hal kesehatan, disadari atau tidak, kemudahan alat transportasi mengakibatkan masyarakat menjadi lebih sedikit melakukan aktivitas fisik yang sebenarnya kurang baik bagi tubuh. Hal ini hanyalah salah satu contoh saja.

Dibawah ini akan disebutkan beberapa hal tentang perubahan gaya hidup masyarakat kita yang digolongkan tidak sehat atau kurang baik bagi kesehatan dengan kata lain mengancam kesehatan bahkan nyawa manusia.
Junk Food .

Fenomena baru dengan membudidayanya makanan cepat saji atau junk food menimbulkan masalah tersendiri. Seakan-akan menjadi trend, sudah banyak kita jumpai menjamurnya gerai-gerai makanan ini yang banyak disukai berbagai kalangan mulai anak-anak sampai dewasa.

Kebanyakan junk food mengandung kadar lemak jenuh dan kolesterol tinggi. Hal ini banyak menimbulkan masalah obesitas atau kegemukan yang dapat meningkatkan resiko penyakit jantung dan pembuluh darah seperti penyakit jantung koroner atau stroke yang merupakan penyebab kematian dan kecacatan cukup besar di dunia. Pola makan dengan Pedoman Gizi Seimbang sangat dianjurkan untuk kesehatan.
Kurang Aktivitas Fisik.

Masyarakat yang bekerja di dalam kantor biasanya lebih banyak bekerja di belakang meja atau komputer sehingga dalam satu hari sangat minim dalam aktifitas fisik. Kalori yang didapatkan dari makanan yang dimakan akan lebih banyak ditimbun karena kurangnya aktivitas fisik dan dapat menimbulkan masalah obesitas.

Rasa nyaman di bagian punggung biasanya banyak dikeluhkan oleh mereka yang lebih banyak duduk. Pada keadaan yang lebih parah terkadang timbul rasa nyeri yang tidak tertahankan akibat kekakuan otot dan terjepitnya saraf di tulang belakang.
Kurang Olahraga.

Yang dimaksud dengan olahraga disini adalah meluangkan waktu untuk melakukan aktivitas fisik secara intensif dan teratur. Banyak orang melupakan kegiatan yang satu ini dengan berbagai alasan misalnya tidak punya waktu atau hanya karena malas. Olahraga teratur minimal 3 (tiga) kali seminggu sangat dianjurkan dengan durasi minimal 30 menit sampai 1 jam per harinya. Jenis olahraga tentunya disesuaikan dengan kemampuan seseorang dan minatnya. Jalan kaki di pagi hari adalah yang paling mudah dan murah serta lebih minimal resikonya.

Dengan olahraga teratur akan memperbaiki kerja jantung serta memaksimalkan kualitas pembuluh darah. Begitu juga dengan fungsi paru-paru sebagai sistem pernafasan akan menjadi lebih baik. Berbagai penelitian telah membuktikan orang yang melakukan olahraga teratur lebih kecil resikonya terkena penyakit infeksi karena dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Resiko obesitas akan turun sehingga mencegah penyakit jantung koroner atau penyakit akibat kegemukan lainnya.
Stres.

Stres berlebihan, kurang bisa menikmati pekerjaan, tidak bisa menikmati atau mensyukuri hidup atau tidak bisa menerima kenyataan dapat menimbulkan tekanan psikis seseorang. Stres dapat meningkatkan hormon stres yang dapat mengganggu irama tubuh seperti gangguan jantung dan pembuluh darah, gangguan metabolisme tubuh serta menurunkan kekebalan tubuh. Seseorang dengan stres dapat mudah terkena penyakit infeksi, jantung, gangguan tidur maupun gangguan nafsu makan.
Kurang Istirahat.

Semua orang butuh tidur untuk keseimbangan tubuhnya. Otot-otot tubuh perlu untuk relaksasi. Selama tidur berbagai proses metabolisme tubuh terjadi untuk menyeimbangkan kehidupan dan fungsional sel. Orang yang susah tidur lebih rentan terkena stres atau sebaliknya orang yang sedang mengalami stres psikologis akan sering mengalami gangguan tidur.
Makan Tidak Teratur.

Stres dan kesibukan adalah beberapa penyebab dari seseorang mempunyai kebiasaan makan tidak teratur. Telah sering disinggung bahwa makanan sangat penting sebagai sumber energi, pertumbuhan, pembangun, kekebalan tubuh, kecerdasan anak maupun proses berpikir. Makan tidak teratur dapat menyebabkan menurunnya produktivitas kerja, gangguan konsentrasi, mudah mengantuk, terganggunya pertumbuhan pada anak sampai pada gangguan pada saluran cerna seperti lambung.
Kebiasaan Merokok.

Sudah bertahun-tahun lamanya sering dikampanyekan tentang bahaya rokok ke hampir semua kalangan melalui berbagai media. Akan tetapi rokok tetap menjadi barang yang banyah dibutuhkan. Jumlah pabrik rokok pun terus bertambah karena memang rokok masih tetap laku dipasaran. Himbauan yang dicantumkan di setiap bungkus bahwa rokok dapat menyebabkan kanker, impotensi, gangguan kehamilan dan janin seakan-akan tidak dipedulikan masyarakat perokok.

Ratusan bahkan ribuan zat racun telah diketahui terkandung dalam asap rokok. Rokok merupakan penyebab utama dari kanker paru dan meningkatkan resiko terkena penyakit jantung. Janin yang ada dalam kandungan dapat terkena imbas jika ibunya merokok atau hanya terkena asap rokok (perokok pasif).

Perokok pasif atau orang yang tidak merokok tetapi berada di dekat orang yang merokok pun terkena dampak negatif dari asap rokok yang lebih bahaya dari perokok itu sendiri. Untuk kesehatan pribadi dan orang-orang di sekitar anda, berhentilah merokok sekarang juga !
Kebiasaan Minum Minuman Berakohol.

Minuman berakohol secara psikologis dapat mempengaruhi kesadaran seseorang karena alkohol sangat mempengaruhi sistem saraf pusat. Kesadaran, kewaspadaan dan orientasi seseorang cenderung turun. Hal tersebut menimbulkan masalah tersendiri seperti masalah sosial, kriminalitas bahkan kecelakaan lalu lintas. Alkohol dapat menimbulkan ketagihan baik secara psikologis maupun fisik.

Terhadap tubuh kita, alkohol dapat menyebabkan perlemakan hati sehingga dapat merusak hati secara kronis, merusak lambung, merusak pankreas, meningkatkan resiko kanker saluran cerna, mengurangi produksi sperma, menigkatkan tekanan darah, menyebabkan gagal jantung, menurunkan sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi, mempengaruhi keseimbangan elektrolit tubuh dan masih banyak lagi akibat lainnya.
Penyalahgunaan NARKOBA.

NARKOBA menjadi masalah yang sangat serius dalam kehidupan sosial dan kriminalitas di negara kita. Berbagai macam bentuk dan cara penyalahgunaan telah banyak diketahui. Barbagai macam wujud NARKOBA pun telah banyak beredar di masyarakat. Secara langsung NARKOBA dapat mempengaruhi saraf pusat dan menimbulkan ketagihan. Banyak masalah sosial maupun kriminal timbul akibat langsung dari kecanduan narkoba bahkan merupakan salah satu rantai penyebaran penyakit HIV/AIDS.

Sebenarnya sebagian besar NARKOBA adalah bahan-bahan yang digunakan dalam dunia kedokteran. Akan tetapi sekarang secara khusus telah banyak diproduksi, diracik dan disalahgunakan secara luas. Heroin, kokain, ganja, putaw, sabu-sabu dan extasi adalah beberapa contoh narkoba yang banyak beredar.
Sex Bebas.

Gaya hidup hubungan sex diluar ikatan pernikahan telah menjadi tren. Perselingkuhan, hanya sekedar bersenang-senang sampai pada hanya coba-coba karena hasrat ingin tahu dari kalangan dibawah umur bisa menjadi latar belakangnya. Telah banyak diketahui bahwa hubungan seksual menjadi jalan penularan dari penyakit menular seksual seperti sifilis, gonoroe, kanker genetalia sampai HIV/AIDS. Tetap setia pada pasangan hidup dan tidak melakukan hubungan seks di luar nikah adalah merupakan jalan terbaik. (hw)

Tidak ada komentar: